Ini Penyebab Kebakaran di Pasar Senen

Pasar Senen Kebakaran
Sumber :
  • VIVAnews/Rohimat Nurbaya

VIVAnews - Kepala Dinas Kebakaran DKI Jakarta Subejo mengatakan, penyebab kebakaran di Pasar Senen Blok III, Jakarta Pusat adalah hubungan arus pendek listrik. Hingga pukul 13.38 WIB, api belum kunjung padam.

Kesimpulan sementara itu, kata Subejo, didasarkan pada fakta bahwa banyak kabel yang terpasang dengan tidak semestinya. Selain itu, pasar itu juga belum pernah direvitalisasi sejak 1974.

Subejo menuturkan, Pasar Senen di Blok III berisi kios pakaian bekas impor. Akibatnya, api sulit padam karena pakaian itu mudah terbakar.

RS Polri: Seluruh Jasad Korban Kebakaran Toko Frame Mampang Sudah Teridentifikasi

"Blok III ini hampir seluruhnya memang materi yang tersedia dari bahan yang mudah terbakar. fire loop-nya sangat tinggi kebakaran di sini," jelas Subejo.

Kendala lainnya mengapa api sulit dipadamkan, lanjut dia, jarak sumber air dengan lokasi cukup jauh. Ditambah lagi, lalu lintas yang padat menyebabkan kendaraan pemadam kebakaran yang akan masuk ke lokasi kejadian menjadi terhambat.

"Jadi tekor air, kemudian lalu lintas padat, diperparah penyebaran api pun cepat," terangnya. Belum lagi petugas kesulitan masuk ke dalam toko karena sebagian besar kios belum buka saat kebakaran muncul. (ita)

PSSI Buka Suara soal Dugaan Pengaturan Skor Bhayangkara FC Vs Persik
Ilustrasi tenggelam

Ogah Pakai Pelampung, Bocah 6 Tahun di Cikarang Tewas Tenggelam di Kolam Renang

Seorang bocah perempuan berinisial S berusia enam tahun tewas tenggelam ketika berenang di kolam renang yang berlokasi di kawasan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024