Babi Jakarta Dipastikan Sehat

VIVAnews - Kewaspadaan terus ditingkatkan terhadap lalu lintas babi di Ibu Kota. Seluruh babi harus memiliki sertifikasi sehat sebelum masuk Jakarta.

"Sampai saat ini belum ada babi terinveksi virus flu babi," kata Kepala Dinas Peternakan Perikanan, dan Kelautan DKI Jakarta Edy Setiarto, Selasa 28 April 2009.

Pengawasan diintensifkan di rumah pemotongan hewan babi yang berada di kawasan Kapuk, Tangerang. Selain menyemprot disinfektan, pengenalan penyakit flu babi juga gencar disosialisasikan kepada petugas rumah potong, terutama petugas kebersihan.

Lalu lintas pengadaan babi juga terus dipantau. Dinas Peternakan telah berkoordinasi dengan para pemasok untuk selalu menyertakan surat kesehatan hewan. "Kami juga lakukan pembenahan terhadap laboratorium," ujar Edy. 

Setiap hari ada 500 babi dipotong Rumah Pemotongan Hewan Kapuk dengan stok 1.000 ekor. Babi didatangkan dari sejumlah kota di Jawa Tengah. Hanya 10 persen yang didatangkan dari Sumatra Utara. "Babi yang masuk harus sehat," ujarnya.

Flu babi mirip dengan flu burung. Jika flu burung ditularkan unggas. Flu babi ditularkan babi. Flu yang tengah mewabah di Meksiko itu menular melalui udara dan kontak langsung dengan orang atau hewan terinfeksi virus flu babi. Virus yang merupakan kombinasi material genetik dari babi, burung, dan manusia itu memiliki masa inkubasi 3 sampai 4 hari.

Di Meksiko, sedikitnya terjadi 1.614 kasus flu babi dalam dua pekan terakhir. Sebanyak 103 di antaranya tewas. Bahkan flu mematikan ini mulai menyebar ke Eropa dan Amerika. Badan kesehatan dunia WHO telah memperingatkan bahwa penyakit itu berpotensi menjadi pandemi dunia.

Sopir Truk Penyebab Kecelakaan di GT Halim Ternyata Masih Anak-anak, Bos Akan Diperiksa
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

KPU Sebut Gugatan Ganjar-Mahfud yang Singgung Jokowi Salah Sasaran

KPU RI menilai gugatan kubu Ganjar-Mahfud yang menyinggung soal penyalahgunaan kekuasaan Presiden RI Jokowi salah sasaran.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024