Calo Merajalela di Kantor Pemerintah

VIVAnews - Waspadai keberadaan calo di sejumlah kantor pelayanan publik. Mereka biasa menawarkan jasa pengurusan dengan mengenakan tarif tertentu.

Para calo biasanya membaur dengan warga yang tengah mengurus izin atau dokumen di kantor pemerintah. "Mereka lalu merayu warga bisa membantu mengurus lebih cepat," kata kata Titin , warga Kebayoran Baru, Selasa 23 Juni 2009.

Kantor pelayanan publik yang banyak didatangi calo adalah Kantor Suku Dinas Pengawas dan Penataan Bangunan, Kantor Suku Dinas Tata Kota dan Kantor Badan Pertanahan Nasional.

Aksi para calo itu sebenarnya sangat kasat mata. Namun petugas pengaman dalam perkantoran itu tak tegas melakukan penertiban. Bahkan para calo bisa keluar masuk ruang kantor pemerintah tanpa halangan.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

"Para calo berlagak seperti pegawai setempat. Bahkan, bisa menjanjikan untuk mengurus surat maupun perizinan secara cepat," ujar Titin yang ditawari bantuan pengurusan dokumen oleh calo di salah satu kantor pemerintah Jakarta Selatan. 

Atas keluhan itu, Wali Kota Jakarta Selatan, Syahrul Effendi, meminta anak buahnya memperketat akses ruang perkantoran pelayanan publik. “Ini kantor, bukan super market maupun pasar sehingga orang yang tak memiliki wewenang bisa keluar masuk ruangan," ujarnya.

Kepala Bagian Umum Pemerintah Kota Jakarta Selatan, Ahmad Sotar Harahap, menambahkan, dalam waktu dekat akan ada peraturan baru untuk memperketat akses ruang kantor pelayanan publik. "Petugas pengamanan dalam di depan pintu masuk ruang kerja juga akan ditambah," ujar Sotar.

Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan

Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

Airlangga Hartarto mengatakan kader Golkar siap ditempatkan di legislatif maupun eksekutif. Dia menanggapi peluang keterlibatan Golkar dalam kabinet Prabowo-Gibran.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024