Thamrin dan Sudirman Ditutup 28 Juni

Ribuan Orang Akan Ikuti Karnaval

VIVAnews - Hari Minggu 22, Juni 2009 mendatang, Hari Bebas Kendaraan Bermotor ini akan berlangsung seharian penuh. Sebab di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Sudirman akan digelar Jakarta Carnaval (Jakarnaval).

Jakarnaval digelar  untuk memeriahkan HUT DKI Jakarta ke-482. Diperkirakan, peserta karnaval akan mencapai lebih dari 1.600 orang yang terbagi atas tujuh komponen yakni,  terdiri dari instansi
pemerintah dan berbagai komunitas seperti penggemar motor Vespa, Bike To Work dan pekerja seni.

Selain itu, akan digelar pula Panggung Komedi Betawi yang merupakan sebuah pertunjukan komedi disajikan di atas panggung di depan Hotel Mandarin.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budiman menjelaskan, Jakarnaval akan digelar berbarengan dengan penyelenggaran Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor pada 28 Juni nanti.

Karnaval akan dimulai pada pukul 15.30 WIB hingga pukul 18.30 WIB. "Car Free Day yang biasanya selesai pada siang hari akan  diperpanjang hingga petang. Dari pada menutup jalan dua kali lebih baik kita manfaatkan moment CFD,” kata Arie.

Arie mengatakan, karnaval akan dibagi menjadi karnaval mobil hias dan karnaval pejalan kaki. Arak-arakan Jakarnaval 2009 kali ini akan mengambil rute sepanjang tiga kilometer.
Arak-arakan juga akan dilepas oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dari depan Balaikota di Jalan Merdeka Selatan.Diperkirakan, peserta karnaval akan mencapai lebih dari 1.600 orang
yang terbagi atas tujuh komponen yakni,  terdiri dari instansi
pemerintah dan berbagai komunitas seperti penggemar motor Vespa, Bike To Work
dan pekerja seni. Selain itu, akan digelar pula Panggung Komedi Betawi yang merupakan sebuah pertunjukan komedi disajikan di atas panggung di depan Hotel Mandarin.

Arak-arakan kemudian dilanjutkan melalui Bunderan Patung Kuda, memasuki Jalan MH Thamrin dan terus berjalan sampai bunderan HI.
Begitu sampai di Bundaran HI arak-arakan dengan kendaraan bermotor akan berjalan terus menuju Semanggi, sedangkan arak-arakan yang berjalan kaki berbelok memasuki Jalan Imam Bonjol.

Arie mengatakan, dipastikan 10.000 orang akan datang menonton Jakarnaval. Jakarnaval  ditargetkan menjadi atraksi wisata tahunan yang dikenal secara luas tidak hanya oleh masyarakat Jakarta namun juga secara nasional.

“Jakarnaval dapat menjadi ikon kota. Mimpinya adalah menjadi seperti Festival Mardi Gras di Rio de Janiero,” ucapnya.

Selain Jakarnaval, Jakarta akan juga akan menggelar Jakarta Great Sale dan  Enjoy
Jakarta Food Festival.

Jakarta Great Sale akan digelar 18 Juli-18 Agustus 2009 dan Jakarta Food Festival yang akan menampilkan musik dengan alat-alat dapur, parade kostum buah-buahan dan parade kostum super chef akan digelar pada 4 Juli–4 Agustus 2009.

THR Harus Dibayar Penuh Tak Boleh Dicicil, Menaker Terbitkan SE THR Keagamaan 2024
Gelandang Timnas Indonesia U-23, Marselino Ferdinan

Ini Live Streaming Timnas Indonesia U-23 Vs Korea Selatan di Perempat Final Piala Asia

Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan pada babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024