Minimarket 'Curi' Omset Pedagang Kecil

VIVAnews - Menjamurnya minimarket di Jakarta menyebabkan omset pasar tradisonal dan toko-toko kelontong makin merosot. Kemerosotan omsetnya bisa mencapai 30 hingga 40 persen.

Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menertibkan izin usaha mini market yang sekarang menjamur di pusat dan pinggiran Kota Jakarta.

"Penegakan aturan tersebut, sangat penting karena keberadaan minimarket akan mematikan warung kecil yang pasokan barang dagangan dari pasar tradisional," kata Ketua DPW APPSI DKI Jakarta Hasan Basri usai bertemu dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto di Balaikota DKI Jakarta.

Hasan mengatakan, sekarang sudah tidak ada aturan jarak dan juga gerai minimarket terus dibuka walau ada peringatan penghentian dari Gubernur DKI Jakarta sejak tahun 2006 lalu.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto menyatakan segala bentuk izin pendirian minimarket di Jakarta sudah dihentikan.

Dia mengaku sejak tahun 2008 lalu izin minimarket sudah tidak diterbitkan. Apabila ada mini market baru berdiri harus dicek terlebih dahulu apakah sudah sesuai aturan atau belum.

Menurutnya, pendirian minimarket bisa saja dilakukan asalkan tidak menyalahi aturan.

Minimarket yang tidak diperbolehkan apabila menyalahi aturan. Jika ternyata sudah distop gubernur tapi masih ada yang mengeluarkan izin maka yang mengeluarkan izin akan dikejar.

Saat ini di Jakarta terdapat terdapat 1.006 minimarket yang tersebar di lima wilayah DKI Jakarta.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun tengah berencana akan melakukan penertiban terhadap minimarket yang menyalahi perizinan. Minimarket dinilai mematikan usaha toko kelontong milik warga.

Assisten Perekonomian Sekdaprov DKI Jakarta, Mara Oloan Siregar mengungkapkan, pihaknya kini sedang meneliti persyaratan minimarket yang tersebar di ibukota. “Diantaranya kita teliti IMB dan
perizinannya,” ujarnya.

Anggota DPR Salut Kejagung Berani Usut Dugaan Korupsi di Sektor Tambang
Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner

Drama Penalti Diulang Justin Hubner hingga Penalti Gagal Bikin Deg-degan Suporter Timnas

Duel Timnas Indonesia U-23 melawan Timnas Korea Selatan U-23 di perempat final Piala Asia U 23 benar-benar membuat jantungan suporter Timnas

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024