Desain Pengaman Depo Plumpang Diubah

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Pertamina melakukan perubahan desain pengamanan areal Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Perubahan desain ini dilakukan lantaran rencana pembangunan tol akses Tanjung Priok-Semper-Plumpang-Cikunir.  Jalan tol ini akan dibangun melintas di atas Depo Pelumpang dengan panjang 1,25 kilometer.

"Perubahan dilakukan terkait rencana pembuatan jalan tol akses itu," Ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto, usai memimpin rapat membahas perkembangan Pembanguan Depo Plumpang bersama PT Pertamina di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis 9 JUli 2009.

Pemprov DKI dan PT Pertamina perlu memikirkan cara baru agar depo Plumpang terlindungi dari human error. Seperti potensi ada yang melempar sesuatu dari atas jalan tol ke depo dibawahnya.

"Ini berpotensi mengakibatkan kecelakaan dan ini juga untuk melindungi jalan tol dari kebocoran gas. Jadi, tol baru itu akan terlindungi dengan semacam kubah," kata Prijanto.

Disain ini merupakan disain teknis revitalisasi Depo Pertamina Plumpang. Disainnya pun belum mencapai tahap final sehingga pembicaraan belum sampai pada rencana pembiayaan.

"Ini desain baru tahap awal, jadi belum bisa dibicarakan sampai ke anggaran, dan siapa yang akan menganggarkan," ujarnya.

Sebelumnya Pertamina  pernah meminta Departemen Pekerjaan Umum untuk mengubah perlintasan jalan tol tersebut dengan melengkungkan jalan tol ke arah utara.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah

Hal ini dilakukan agar tidak melintas tepat diatas depo. Namun, perubahan tersebut tidak mungkin, sebab di arah utara sudah terbangun gardu listrik milik PLN.

Sehingga, jalan tol tetap akan dibangun lurus melintasi depo, kemudian PT Pertamina akan membangun pengaman diatas jalan tol berbentuk atap kubah tertutup atau semacam terowongan.di atas jalan tol sepanjang 1,25 kilometer itu.

Direktur Umum PT Pertamina, Waluyo menjelaskan, pembangunan pengaman berbentuk kubah atau terowongan tertutup bertujuan untuk menghindari kecelakaan di depo dan meningkatkan standar keamananan bagi yang melintas.

"Saat ini masih simulasi untuk melihat ketahanan material dari api, lemparan batu, kecepatan angin dan gas," terangnya.

Sopyan Dado

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Keluarga Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Ungkap Hal Ini

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024