METRO

Ceramah di Sulawesi, Ba'asyir Dijaga Ketat

Kedatangan Ba'asyir di Sulawesi Selatan dijaga ketat.
Kamis, 30 Juli 2009
Oleh : Ismoko Widjaya
Abu Bakar Baasyir

VIVAnews - Pimpinan Pondok Pesantren Al Mukminin, Ngruki, Solo, Jawa Tengah, Abu Bakar Ba'asir akan memberikan ceramah di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kedatangan Ba'asyir di Sulawesi Selatan ternyata mendapat pengamanan ketat.

Ketua Bidang Advokasi dan Hukum Forum Umat Islam (FUI) Bulukumba, Musafir, kepada VIVAnews mengatakan, Ba'asyir akan menghadiri dua undangan pada Kamis, 30 Juli 2009. Agenda pertama, pengajian dan ceramah agama yang rencananya dipusatkan di Mesjid Agung Bulukumba.

Sedangkan, acara kedua adalah pelantikan pengurus FUI Kabupaten Bulukumba. "Agendanya akan berlangsung usai shalat dhuhur besok. Dan semuanya akan dilaksanakan di Mesjid Agung di Jalan Rambutan," kata Musafir.

Ba'asyir mendapat undangan tausyiah yang dilaksanakan Forum Umat Islam (FUI) Bulukumba. Kedatangan Ba'asyir di Bulukumba diakui Musafir, menimbulkan kontroversi dari pihak TNI dan kepolisian di Sulawesi Selatan.

"Ini hanya kehawatiran dari pihak-pihak tertentu dengan kedatangan Ustad Ba'asyir yang dikaitkan teror bom. Padahal Ba'asyir bukanlah teroris seperti yang digembar-gemborkan," ujar pengurus LSM di Bulukumba ini.

Kedatangan Abu Bakar Ba'asyir disambut dengan pengamanan ketat dari kepolisian setempat. Kepolisian Resor Bulukumba bahkan menambah personel dari Polresta Jeneponto, Bantaeng, Sinjai dan Bone.

Jumlahnya sekitar 300 personel, dan di-back up oleh pengamanan dari TNI. Pengamanan akan difokuskan pada pengamanan tertutup, yang disiagakan dalam tiga ring. Yakni delapan pos pengamanan di pintu Masjid Agung, pintu masuk masjid sebelah kiri, dan enam lorong akses masuk yang berada di sekitar kawasan itu.

"Ini dilakukan hanya untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, pasca ledakan bom kuningan Jakarta," kata Wakapolres Bulukumba, Komisaris Polisi, Novly Pitoy.

Laporan: Rahmat Zeena l Makassar

TERKAIT
TERPOPULER
File Not Found