Ayo Berburu Uang Baru Pecahan Rp 2.000

VIVAnews - Bank Indonesia resmi menerbitkan uang kertas baru pecahan Rp 2.000 sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia pada 9 Juli lalu. Uang bergambar Pangeran Antasari itu sudah mulai beredar di masyarakat.

Bank Indonesia telah mendistribusikan uang kertas baru itu ke sejumlah bank. "Sejak akhir Juli lalu, sudah mulai diedarkan," kata seorang staf Bank UOB Buana, Kamis 13 Agustus 2009.

Masyarakat bisa mendapatkan uang kertas baru itu langsung ke Bank Indonesia. Namun, penukaran uang kertas pecahan Rp 2.000 itu juga dapat dilakukan di sejumlah bank lainnya. "Jumlahnya masih terbatas," ujarnya.

Seiring peredaran uang kertas Rp 2.000 itu, pemerintah akan menarik secara perlahan uang kertas pecahan Rp 1.000. "Informasi yang kami terima demikian."

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban

Riri, karyawan swasta yang tinggal di kawasan Radio Dalam, mengatakan, telah mendapat uang kertas baru itu sejak akhir Juli lalu. "Tapi saya baru punya lima," ujarnya.

Uang kertas baru pecahan Rp 2.000 berwarna dominan abu-abu dengan unsur pengaman berupa tanda air bergambar Pangeran Antasari. Uang juga dilengkapi benang pengaman bertuliskan BI2000 berulang-ulang yang tertanam di kertas uang. Di bawah sinar ultraviolet, benang akan memendar merah.

Uang kertas pecahan baru ini juga mengakomodasi kebutuhan para tuna netra dengan menyediakan kode tertentu (blind code) di samping kanan bagian muka uang yaitu berupa kotak persegi panjang yang dicetak secara intaglio.

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024