Tangga Darurat Harus Siaga 24 Jam

VIVAnews - Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter yang terjadi di Tasikmalaya turut mengguncang Ibu Kota. Ribuan warga panik. Tangga darurat pun menjadi jalur evakuasi diri para penghuni gedung bertingkat.

Namun rupanya, tak semua tangga darurat di sejumlah gedung siaga menjadi jalur evakuasi. Seperti di Gedung Nusantara I Kompleks DPR/ MPR yang telah berubah fungsi sebagai gudang penyimpanan barang sehingga menghalangi evakuasi. (Baca: Bingung Selamatkan Diri, Tangga Penuh Barang)

Di gedung lain di kawasan Kuningan, pintu darurat terkunci rapat saat gempa terjadi. Para penghuni gedung pun harus mendobraknya agar dapat menjadi jalur evakuasi.

"Itu tidak boleh. Pengelola gedung seharusnya mensosialisakan itu. Tangga darurat penting untuk menyelamatkan diri," kata Kepala Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan, Hari Sasongko, kepada VIVAnews, Jumat, 4 September 2009.

Hari meminta para pengelola gedung untuk intensif melakukan pemeriksaan. Sesuai namanya, tangga darurat harus siaga selama 24 jam. Ia juga mengimbau kepada pengelola gedung agar melakukan simulasi penyelamatan secara intens terhadap kondisi-kondisi kritis seperti kebakaran dan gempa.

Dengan simulasi, diharapkan karyawan memiliki pola penyelamatan yang seragam dan mengurangi kepanikan saat musibah terjadi. "Misalnya karyawan diajarkan sembunyi dulu di kolong meja saat gempa terjadi, karena dikhawatirkan terjadi kepanikan dan kecelakaan di tangga darurat," ujarnya.

Resep Menu Sehat dan Mudah untuk Halal Bihalal: Sajikan Hidangan yang Berkesan
Ketua Harian DPP Gerindra sekaligus Wakil Ketua DPR RI, Sufmi Dasco Ahmad

Dasco : Amicus Curiae Pernah Disampaikan Kubu 03, Tapi Patah di Persidangan

Langkah Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri yang mengajukan sebagai amicus curiae atau Sahabat Peradilan ke MK menuai sorotan.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024