Diterjang Rob, Aktivitas Muarabaru Lumpuh

VIVAnews - Banjir air pasang atau rob kembali melanda kawasan Muarabaru, Penjaringan, Jakarta Utara. Air mulai menggenangi pemukiman warga sejak pukul 12.00, Selasa, 20 Oktober 2009.

Bahkan di sejumlah titik genangan mencapai kedalaman 40-50 sentimeter. Kondisi itu juga mengakibatkan kemacetan lantaran sejumlah badan jalan tergenang. Demikian seperti dikutip situs resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

Yadi, 30, warga RT 007/17, Penjaringan, mengatakan, air pasang atau rob bukan sesuatu yang baru bagi warga Muarabaru. Fenomena seperti itu sudah rutin terjadi setiap tahun, terutama saat terjadi perubahan cuaca atau pancaroba.

“Sebenarnya kami di sini sudah biasa terkena air pasang. Tapi mau bagaimana lagi karena sudah sejak lama kami tinggal di sini. Memang, setiap rob aktivitas warga terganggu terutama para pedagang," ujarnya.

Yadi yang berprofesi sebagai pedagang warung kopi juga menderita kerugian besar akibat rob. Sebab, warungnya terpaksa tutup karena tergenang air setinggi lutut orang dewasa. Tak hanya itu, sejumlah jalan umum pun terganggu karena banyaknya genangan air.

Seperti di sepanjang Jalan Muara Baru Raya, tepatnya di depan pintu gerbang tempat pelelangan ikan. Walau badan jalan sudah ditinggikan namun tetap saja terkena rob. “Kalau di lingkungan warga, seperti di RT 07, 14, 15 ketinggian air pasang ini bisa mencapai pinggang orang dewasa,” ucapnya.

Senada diungkapkan Mas Rosri, 35, warga RT 20/17, Penjaringan. Menurutnya, genangan air yang terjadi kali ini diakibatkan jebolnya tanggul milik PT Pelindo yang tahun lalu retak dan belum diperbaiki. Tanggul tersebut terletak di RT 15/17. “Kalau genangan rob di sana bisa jadi sudah setinggi pinggang atau dada orang dewasa. Lihat saja, anak-anak saja sudah pada berenang di sana,” katanya.

Lurah Penjaringan, Ali Mudasir, membenarkan, air pasang sudah mulai meluap kembali ke pemukiman warga pesisir. Namun ia mengaku belum mengetahui kondisi daerah tersebut secara detail karena baru menjabat lurah. “Ya, saya baru di sini mas. Dan saya baru akan mengecek ke lokasi, kami juga sudah menyiapkan dua perahu karet yang selalu siaga di kantor kelurahan," ujarnya.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
Lolly, putri sulung Nikita Mirzani

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Lolly sendiri saat ini sudah pulang ke Indonesia setelah tinggal lama di London, Inggris. Nikita Mirzani tahu anaknya itu pulang berdasarkan informasi dari sosial media.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024